Cara Memilih / Meng-Upgrade RAM





Cara Memilih / Meng-Upgrade RAM

Sudah lama saya nggak post di blog ini nah sekarang saya akan berbagi tips buat memilih ram / mengupgrade ram
Memilih RAM atau memory itu tidak dari segi fisik gan, mereknya maupun harganya. tetapi memilih memory RAM itu dari segi  kinerja yang bagus. kalo harga RAM sampai 1 juta pun  dengan macam-macam bentuk dan rupa yang aneh-aneh dan sangar-sangar apabila kinerjanya di pasang secara default maka akan sia-sia. Dan perlu diperhatikan juga, bahwa kinerja seluruh RAM apabila dijalankan default adalah sama. Bedanya pada saat benchmark default, itupun juga dengan point terpaut sedikit. Jadi percuma apabila kita memilih RAM bagus tapi saat dijalankan default.

RAM itu sangat penting bagi kelangsungan hidup komputer kita (lebay dikit lah). RAM berfungsi untuk menyimpan data sementara yang akan diakses secara acak oleh processor / CPU, makanya dinamakan Random Access Memory karena diakses secara acak oleh processor yang kita gunakan.

TAPI pada dasarnya kinerja RAM adalah sama, terus dimana letak perbedaanya? yang membedakan antara RAM tersebut adalah chip yang digunakan. jadi, para produsen tersebut membeli chip tersebut dari produsen lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut. jadi ada kemungkinan bahwa merek berbeda seperti Apacer,Visipro ,Vgen dll mempunyai chip yang sama (opini)

Ada beberapa cara memilih memory yang bagus, simak triknya: 
  • Pertama, perhatikan merek dan type chipset pada motherboard atau bahasa tarzannya "sesuaikan dengan motherboard".apakah memory yang di gunakan motherboard tersebut DDR1, DDR2, atau DDR3?? Walaupun hal ini tidak begitu berpengaruh terhadap PC itu sendiri, namun ada beberapa jenis chipset yang performance-nya mampu berjalan sangat tinggi bila dipasangkan dengan chipset memory tertentu.
  • Kedua, perhatikan nilai CAS Latency pada memory modul yang akan dipasang, semakin kecil nilainya maka semakin cepat aliran data yang dapat disalurkan. 
  • Ketiga, nomor seri pada memory modul biasanya dapat memberi kita informasi lebih banyak. Di antaranya tahun pembuatan, merek chipset, negara produsen, dan lain-lain. 
  • Keempat, merek biasanya tidak jauh dari kualitas adalah ungkapan yang mungkin cocok untuk menggambarkan dalam dunia memory PC. Biasanya merek-merek terkenal dunia merupakan merek yang patut dipercaya. 
  • Kelima, tentukan tujuan pemakaian PC anda. Kalau dipakai hanya untuk sekedar mengetik, kita tidak usah susah-susah mencari memory, cari saja yang biasa-biasa saja. Lain misalnya apabila PC tersebut dipakai untuk main Games kelas berat atau Overclocking, tentunya perlu memory dengan daya tahan dan kemampuan lebih. 
  1. Klo OC (Overclocking) dan hardcore gaming (Game berat)biasanya cari dengan timing yang ketat dan memiliki heat spreader. biasanya harganya diatas Rp.500.000
  2. Klo home / office, multimedia, gaming casual (game ringan) cari RAM yang sesuai dengan budget tidak usah tinggi" nanti mubazir performancenya. Harga bisanya gak tinggi" amat RP. 300.000 kebawah.
Adapun beberapa merek memory modul yang patut kita perhatikan karena kualitasnya di atas rata-rata memory yang beredar di pasaran, yaitu: Corsair, TwinMOS, OCZ, Crusial, Mushkin, GeiL, A-Data, Kingston. Merek-merek memory ini patut menjadi bahan pertimbangan saat mau membeli memory PC. Khusus untuk merek TwinMOS ada keunikan tersendiri, yaitu produsen memory ini sering memproduksi memory untuk kelas value tetapi chipset yang dipakai merupakan chipset kelas atas. Sampai sekarang pun apabila kita bandingkan antara harga dengan performance, TwinMOS merupakan pilihan teratas, bahkan bila dibandingkan harganya dengan merek-merek seperti Visipro dan MVM. sekian artikel saya ini terimakasih telah mengunjungi blog saya.






5 comments:

  1. Ok gan, thanks infonya.
    Ni lagi mau upgrade RAM & nyasar dimari :)

    ReplyDelete
  2. Sama sama gan semoga membantu , terimakasih juga untuk kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. Keren artikelnya bisa jadi referensi tulisan saya ini, terima kasih :

    Tips Memilih RAM Memory Komputer dan Laptop Terbaik

    ReplyDelete
  4. Terima Kasih atas Tipsnya, Semoga berguna untuk banyak orang, Terima Kasih banyak atas tipsnya.
    http://servislaptopdisurabaya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. Permisi suhu numpang tanya masalah penambahan ram. Ram support laptop ane DDR3 PC3-12800 (single channel) dengan max bandwith (800Mhz) kira-kira kalo ane tambahin ram dengan tipe ram DDR3L PC-10600, kompatibel atau engga? dan seandainya kompatibel kira-kira itu jadi masalah tersendiri dan nurunin kinerja laptopnya ga?
    mohon pencerahannya suhu :v

    ReplyDelete

Powered by Blogger.